Air Terjun Paling Menakjubkan di Peru

gambar air terjun di peru

Pegunungan yang ada di Peru menjulang tinggi ke awan yang mengakibatkan hujan pada bulan November hingga April. Air hujan tersebut mengalir ke sungai-sungai spektakuler yang jatuh ke pegunungan melalui hutan hujan. Pedesaan Peru dipenuhi dengan air terjun yang indah dan beberapa dapat diakses oleh wisatawan. Selain keindahan objek wisata Machu Picchu, masih banyak lagi air terjun dengan keindahan yang menakjubkan di Peru diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gocta Cataracts

Gocta Cataracts terletak sekitar 700 km timur laut dari kota Lima yang merupakan ibukota Peru. Air terjun itu begitu dalam di wilayah Amazonas sehingga air terjun itu baru ditemukan pada tahun 2005. Penduduk setempat telah menikmati Sungai Cocahuayco selama berabad-abad. Sungai Cocahuayco menyulut air terjun abadi ini yang turun lebih dari dua tingkatan dengan ketinggian 760 meter. Air terjun ini dinamai dari sebuah desa kecil di dekat tempat air terjun itu awalnya terlihat. Penduduk setempat bekerja keras untuk menjaga rahasia air terjun ini karena penduduk setempat percaya bahwa ada roh putri duyung pirang yang tinggal kolam renang air terjun tersebut. Namun saat ini ada beberapa infrastruktur wisata karena sebuah hotel kecil telah dibangun di dekat pangkalannya.

2. Air Terjun Ahuashiyacu

Air Terjun Ahuashiyacu diterjemahkan menjadi air tertawa atau air bernyanyi. Dinamakan demikian karena air terjun itu jatuh 40 meter ke kolam renang kecil. air terjun yang jatuh dari tebing menimbulkan suara gema dan menghempas ke berbagai tempat karena air terjun yang jatuh tidak sepenuhnya konstan masuk kedalam kolam berbatu yang ada dilereng bukit. Air terjun ini dapat ditempuh hanya beberapa menit dari kota Tarapoto, tempat wisata ini cocok untuk keluarga karena kolam renangnya memiliki tempat-tempat dangkal untuk anak-anak. Anda harus membayar sedikit biaya di tempat parkir untuk masuk dan air terjun dapat diakses setelah 10 menit berjalan kaki menaiki tangga yang dibangun dengan baik.

3. Air Terjun Yumbilla

Di bagian utara Peru, jauh di Amazonas dekat kota Cuispes terdapat Air Terjun Yumbilla. Air Terjun Yumbilla adalah air terjun tertinggi kelima di dunia. Menyajikan ujung tebing batu kapur ke dalam mangkuk yang tertutup vegetasi. air terjun yang mengesankan ini jatuh dari ketinggian hampir 900 meter.

4. Catarata del Tirol

Anda dapat menemukan Catarata del Tirol yang hanya berjarak 10 menit naik taksi dari kota San Ramon. Biayanya 2 sol untuk memasuki area air terjun. Anda akan mendaki ke lembah sungai selama 45 menit dengan berjalan kaki di sepanjang tepi sungai. Disini juga tersedia fasilitas kamar ganti dan toilet di dasar air terjun dan penjual minuman dan makanan ringan di pintu masuk.

5. Catarata de Chinata

Air terjun setinggi 580 meter ini mengalir melalui tiga tingkatan dan kemudian menghilang ke dalam hutan. Anda mungkin ingin menyewa pemandu di desa Cuispes untuk membawa Anda menaiki jalur pendek tapi curam ke tempat pengamatan air terjun. Air terjun juga terlihat dari pos militer di dekat pangkalan air terjun tetapi anda tidak akan diizinkan masuk ke camp tersebut. Air terjun dapat dengan mudah dikaburkan oleh awan selama musim hujan, tetapi ada situs spektakuler lainnya di dalam lokasi air terjun. Cuispes menampilkan reruntuhan Kuelap di bawah bayang-bayang Catarata de Chinata yang juga dikenal sebagai versi miniatur Chachas dari Machu Picchu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *