Kerajinan Dan Seni Tradisional Jepang

gambar kerajinan seni khas Jepang

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan untuk berbelanja di Jepang adalah kerajinan tradisional dan karya seni. Ada berbagai karya kerajinan dari berbagai daerah di Jepang dengan sejarah panjang. Beberapa dari mereka bernilai lebih dari harga karena mereka buatan tangan oleh pengrajin profesional.

Kerajinan Jepang telah bertahan dari generasi ke generasi dalam banyak hal, bukan hanya sekadar menghiasi aula museum. Saat ini, pekerja magang dan pengrajin masih mempelajari dan menjual barang mereka ke bisnis modern. Beberapa lokakarya juga menawarkan kelas langsung sehingga Anda dapat memperoleh apresiasi yang lebih dalam atas pekerjaan yang dilakukan untuk menciptakan karya-karya ini.

Berikut ini adalah beberapa kerajinan seni yang ada di Jepang :

1. Kokeshi Doll

Kokeshi adalah boneka kayu tradisional dari daerah Tohoku (Jepang utara), yang mulai dibuat pada masa Edo. Ada banyak jenis boneka yang dijual di Jepang tetapi yang asli adalah kayu dan dicat merah. Jika Anda ingin membeli kerajinan patung kayu di Jepang, area Tohoku adalah yang terbaik.

2. Nambu Ironware

Nambu ironware atau Nambu Tekki berasal dari perfektur Iwate, yang dikembangkan sejak awal abad ke-17. Peralatannya termasuk ketel, teko, panci masak dan kerajinan kecil lainnya. Nambu Ironware dikenal karena kekuatan dan kualitasnya dengan proses panjang untuk diproduksi. Waktu yang dibutuhkan untuk belajar kerajinan ini mungkin sekitar 10 tahun untuk dapat menjadi pengarajin nambu ironware professional.

3. Hakone Yosegi

Yosegi atau Hakone Yosegi berasal dari Hakone, Prefektur Kanagawa. Kerajinan ini adalah jenis parket tradisional Jepang yang dikembangkan selama periode Edo. Hanya menggunakan kayu yang dipilih untuk membuat karya mosaik dari butiran halus alami dan tekstur kayu, benar-benar dengan tangan. Berbagai produk Yosegi termasuk kotak puzzle, kotak perhiasan, coaster dan gelas.

4. Kumano Brush

Kumano Brush atau Kumano Fude diproduksi di kota Kumano, prefektur Hiroshima. Kumano Brush memegang 80% pangsa produk kuas di Jepang. Mereka digunakan untuk menulis, melukis seni dan make-up dan telah menarik seniman profesional bahkan di luar negeri. Kumano Brush sering digambarkan sebagai brush terbaik dunia.

5. Arita Ware

Arita Ware atau Aritayaki adalah produk tembikar dan porselen dari kota Arita, prefektur Saga, wilayah Kyushu. Mereka sudah mulai diproduksi pada abad ke-17. Sejak itu, produk ini dianggap sebagai produk porselen terbaik dan tertua di Jepang selama lebih dari 400 tahun. Arita Ware dikenal memiliki lukisan tangan yang indah. Jenis Arita Ware yang paling terkenal disebut Imari Ware .

6. origami

Origami merupakan kesenian melipat kertas dari Jepang. Namanya berasal dari kata Jepang, ori  “lipat” dan  kami  “kertas”. Origami tradisional terdiri dari melipat selembar kertas persegi (seringkali dengan sisi berwarna) menjadi patung tanpa memotong, menempel, bahkan menandainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *